Mental

Cara Menguatkan Mental Diri Sendiri

1. Ingat Tuhan sesering mungkin

Mental akan kuat kalau dapat dukungan kuat, bukan? Nah, dukungan terkuat di dunia ini adalah Tuhan. Jadi, ingatlah Tuhan sesering mungkin agar mental Anda kuat.
Saya tidak tahu agama Anda. Namun, jika Anda beragama islam, cara mengingat Allah SWT adalah dengan berdzikir. Anda dapat melakukannya setelah shalat 5 waktu atau di saat-saat lain.

2. Berpikir positif


Anda mungkin mengalami kekecewaan dan kegagalan dalam kehidupan pribadi atau profesional Anda. Jangan bersedih atau memutuskan untuk menyerah. Berpikir positiflah akan kedua hal tersebut.Caranya? Terima kekecewaan dan kegagalan tersebut dan jadikan sebagai pelajaran penting untuk melangkah yang lebih baik. Dengan demikian, mental Anda tidak terpuruk.

3.
Hargai diri sendiri

Kekuatan mental Anda turun karena mungkin Anda selalu membandingkan diri Anda dengan orang lain. Jika demikian, berhentilah melakukan hal tersebut dan mulai hargai diri sendiri agar mental Anda menjadi kuat.
Identifikasi nilai-nilai etik Anda (misalnya kejujuran dan kedisiplinan). Selain itu, identifikasi pula kekuatan Anda dan fokus pada hal tersebut.
Sebagai contoh, kekuatan Anda adalah menulis. Fokuslah pada kekuatan tersebut sehingga Anda menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi diri Anda dan orang lain.

4. Berani mengambil risiko

Cara lain menguatkan mental Anda adalah dengan berani mengambil risiko. Dengan berani mengambil risiko, Anda keluar dari zona nyaman, mengerahkan semua kemampuan, dan mengizinkan diri untuk melihat apa yang akan terjadi.
Faktanya, banyak orang yang tidak berani mengambil risiko. Mereka terlalu takut dan terlalu banyak menganalisis sehingga lumpuh sebelum bertindak.

5. Lupakan masa lalu yang kelam

Saya percaya Anda memiliki masa lalu yang kelam. Namun, sekelam apa pun masa lalu tersebut, lupakan sehingga mental Anda menjadi lebih baik. Hiduplah di zaman sekarang dan jangan terlalu mencemaskan masa depan.
Sebagai contoh, pada masa lalu Anda merupakan seorang pengusaha sukses namun bangkrut. Lupakan masa-masa sulit tersebut dan mulai melangkah membangun bisnis Anda kembali, meskipun harus merangkak.

Comments